ANALISA KU (Guys, aq ga tau brp persen kebenarannya ya)

TUGAS AKHIR

ENGLISH LANGUAGE TEACHING CURRICULUM

ANALISIS RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN SILABUS

SMP N 4 PEMATANGSIANTAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh:

Dian Rizky Utami

17360

 

 

 

 

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012

  1. I.            SUMPAH

Saya, yang bertandatangan di bawah ini:

Nam          : Dian Rizky Utami

NIM          : 17360

Bersumpah bahwa tugas akhir English Language Teaching Curriculum, saya kerjakan dengan sungguh-sungguh tanpa membantu dan dibantu orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

 

Saya yang bersumpah,

 

 

 

Dian Rizky Utami

 

  1. II.            Latar Belakang

Latar belakang analisa dari Rancangan Perencanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus ini dilakukan adalah untuk melihat apakah komponen-komponen beserta isi dari RPP dan silabus tersebut sudah memenuhi syarat atau belum. Ini bertujuan agar yang benar dapat dicontoh dan diterapkan, sementara yang salah akan dijadikan suatu pelajaran agar tidak lagi terjadi.

 

  1. III.            Analisa RPP
  2. Pengertian RPP

RPP yang benar merupakan RPP yang berlandaskan UU No.19 tahun 2005 yaitu: Seperangkat Rencana yang menggambarkan proses dan Prosedur pengorganisasian kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan di dalam silabus.

 

  1. Komponen-Komponen RPP

Di bawah ini merupakan komponen-komponen yang terdapat dalam RPP yang benar:

1. Identitas mata pelajaran

Identitas mata pelajaran, meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

 

2. Standar kompetensi

Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik

yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.

 

3. Kompetensi dasar

Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

 

4. Indikator pencapaian kompetensi

Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

 

5. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

 

6. Materi ajar

Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

 

7. Alokasi waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.

 

8. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.

 

9. Kegiatan pembelajaran

a. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

 

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

 

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

 

10. Penilaian hasil belajar

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.

 

11. Sumber belajar

           Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

 

  1. Bentuk Umum RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SMP/MTS                            : SMP N 4 Pematangsiantar

Kelas/Semester                                : VIII (Delapan) / 1

Standar Kompetensi       : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar           : 1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.

Jenis teks                            : Transactional / Interpersonal

Tema                                     : Home Life

Aspek/Skill                          : Mendengarkan

Alokasi Waktu                   :2 x 40 menit

 

  1. 1.       Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

  1. Menentukan pasangan kalimat berdasarkan percakapan
  2. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan rekaman dialog
  3. Melengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
  4. Melengkapi teks dialog berdasarkan rekaman dengan memilh jawaban yang tersedia
  5. Melafalkan  kalimat interogatif dan kalimat positif dengan intonasi yang tepat

 

Karakter siswa yang diharapkan :     Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

  1. 2.       Materi Pembelajaran
    1. Communication Practice (halaman 2, 3, 4, 5, 6)
  • Rekaman dialog
  • Rekaman percakapan dengan menggunakan why dan because
  • Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:

                A: Why is the meeting at four?

                B: Because it’s Friday

  1. Grammar Practice( halaman 7, 8, 31)
  • Penjelasan tentang kalimat interrogative-negative Simple Present
  • Penjelasan kalimat imperative negative
  • Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
  1. Developing Skills (halaman 10 , 12, 24)
  • Rekaman wawancara
  • Rekaman percakapan
  1. Pronunciation (halaman 12)
  • Rekaman percakapan dengan intonasi kalimat interogatif dan kalimat positif
  1. Unit Self-Test (halaman 25)
  • Record your Voice: rekaman percakapan dengan mengacu pada petunjuk

 

  1. 3.       Metode Pembelajaran: three-phase technique

 

  1. 4.       Langkah-langkah Kegiatan

A.Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi :

  • Tanya jawab tentang gambar
  • Brainstorming ideas: Why is the moon circular? Why should we study?,  etc.

Motivasi :

  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

 

B.    Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F  Mendengarkan penjelasan tentang penggunaan bentuk interogatif negatif Simple Present

F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan

F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

F  Membantu menyelesaikan masalah;

F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;

F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

C. Kegiatan Penutup

        Dalam kegiatan penutup, guru:

F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

  1. 5.       Sumber belajar
    1. Buku teks yang relevan .
    2. CD / kaset
    3. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
    4. Gambar-gambar yang relevan
  2. 6.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  1. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
  2. Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
  3. Mengakui, mengingkari fakta
  4. Merespon ooooungkapan meminta dan memberi pendapat

 

Tes  lisan

 

 

 

Tes lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Merespon secara lisan

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Respond the following statement

A: Let me help you

B: ….

A: Can I have a bit?

B: ………..

 

Choose the right response

A: Did you break the glass?

B:…….

a. Yes, I did

b. I don’t know

c. I’m not sure

d. All right

 

Give your response

A: What do you think of my new dress

B:…………

 

 

  1. Instrumen:

Listen to the dialogue and fill in the blanks (listening script on listening 1 and pronunciation)

  1. A: _________________closed?

B: _________________o’clock.

  1. A: _________________closed?

B: _________________.

  1. A: _________________closed?

B: _________________.

  1. David: I like tennis very much

      __________________?

5.   Karen: Well, I _____________

              But football is my favourite sport.

David: Oh yes. ________________

  1. Pedoman Penilaian

1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3

2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15             

3. Nilai maksimal = 10

4. Nilai Siswa =

  1. Rubrik Penilaian

Uraian

Skor

Isi benar, tata bahasa benar

Isi benar, tata bahasa kurang tepat

Isi dan tata bahasa kurang tepat

Tidak menjawab

3

2

1

0

 

 

 

Mengetahui;

Kepala Sekolah

 

 

(Drs.Bambang Suprihadi, SPd, MM. )

NIP /NIK :  …………………………

Pematangsiantar, 13 November 2012

 

Guru Mapel Bahasa Inggris,

 

 

         ( R.Saragih, SPd )

NIP /NIK :  …………………………

 

 

  1. Kesimpulan

Pada komponen-komponen RPP yang telah disebutkan di atas, ada 11 poin yang seharusnya dicantumkan pada pembuatan RPP. Namun, di dalam contoh RPP yang dilampirkan di atas, ditemukan bahwa banyak ketidaksesuaian antara keduanya. Mulai dari masalah urutan, sehingga ada poin yang hilang.

 

 

  1. IV.            Analisa Silabus
    1. Pengertian Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.:

  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

 

  1. Komponen-Komponen Silabus
  2. Identitas Silabus Pembelajaran
  3. Standar Kompentensi
  4. Kompetensi Dasar
  5. Materi Pembelajaran
  6. Kegiatan Pembelajaran
  7. Indikator Pencapaian Kompetensi
  8. Penilaian
  9. Alokasi Waktu
  10. Sumber Belajar

 

  1. Bentuk Umum Silabus

(Silabus dilampirkan pada halaman belakang.)

 

  1. Kesimpulan

                    Pada komponen silabus di atas, hanya terdapat 9 komponen pada silabus. Namun, di dalam silabus yang dilampirkan, ada 10 komponen yang ditemukan, yaitu yang terletak pada table terakhir yang ada di paling kanan silabus, tabel Karakter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s