ELTC Kak AYA

ANALISIS RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 SMP N 2 KOTA SOLOK DAN SMP N 5 KOTA PADANG

 

Untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester Ganjil

Mata Kuliah English Language Teaching Curriculum (ELTC)

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh:

Zahra Nuraysi

12245/2009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012

 

  1. 1.    Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.

Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan ke­giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun  RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah penjabaran silabus yang menggambarkan rencana prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi. Rencana Proses Pembelajaran (RPP) digunakan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan.

  1. 2.    Komponen – komponen yang terdapat didalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP disusun untuk setiap Kompetensi Dasar  yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan. Komponen utama RPP adalah tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

Komponen RPP adalah:

–          Mencantumkan Identitas

Identitas disini terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. RPP boleh disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
  2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus. (Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan)
  3. Indikator merupakan => (a) ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar; (b) penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (c) dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah; (d) rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi; (e) digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
  4. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 35/40/45 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.   

–          Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Output (hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Sebagai contoh :
Kegiatan pembelajaran: “menggunakan ekspresi ketika meminta maaf”. Maka tujuan pembelajaran, boleh salah satu atau keseluruhan tujuan pembelajaran, misalnya peserta didik dapat:

ü  Mampu menyebutkan ekspresi minta maaf

ü  Mampu merespon ketika ada orang lain yang meminta maaf

 

Bila pembelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut waktu pertemuan, sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil.

–          Menentukan Materi Pembelajaran

Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat diacu dari indikator.
–    Menentukan Metode Pembelajaran

Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan atau strategi yang dipilih. Karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik:

a.       Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya: pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah, dan sebagainya.

b.      Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah, inkuiri, observasi, tanya jawab, kooperativ learning, e-learning dan sebagainya.

–          Menetapkan Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah minimal yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:

ü  Kegiatan Pendahuluan  (10% dari Total Alokasi Waktu )

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan   materi yang akan dipelajari
c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

 

ü  Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). (75% dari Total Alokasi Waktu)

 

ü  Kegiatan Penutup

–          Memilih Sumber Belajar

Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.

–          Menentukan Penilaian

Penilaian dijabarkan atas:
a.teknik penilaian,
b. bentuk instrumen, dan
c. instrumen yang dipakai yang beris rubrik penilaian

  1. 3.    Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMPN 2 Kota Solok kelas VII semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah                     : SMP N 2 Kota Solok

Mata pelajaran                    : Bahasa Inggris

Kelas / Semester                 : VII / 1

Standar Kompetensi           : 3. mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar                          : 3.1 mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima

Jenis Teks                           : transactional/ interpersonal

Tema                                   : introductory chapter and family life

Aspek / skill                        : berbicara

Alokasi waktu                    : 4×40” (2xpertemuan)

 

  1. Tujuan pembelajaran

Pada akhir pembelajaran , siswa dapat merespon makna dalam:

  • Tanya jawab tentang nama orang, jalan, dan benda serta cara pengejaannya
  • Menceritakan kegiatan dalam gambar secara lisan
  • Menjawab pertanyaan sesuai keterangan yang tersedia
  • Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan keterangan dalam gambar

Karakter siswa yang diharapkan:

  1. Dapat dipercaya
  2. Rasa hormat dan perhatianawab
  3. Tekun
  4. Tanggung jawab
  5. berani
  6. Materi pembelajaran
    1. Recalling Vocabulary (halaman 2)
  • Angka
  • Game: nomor telepon
  • Group work: menukar nomor telepon
  1. Communication Practice (halaman 6, 40, 41, 43, 62)
  • Game: who are you
  • Gambar dan nama alat – alat musik
  • Tanya jawab tentang pengejaan nama depan dan belakang
  • Tanya jawab tentang pengejaan nama nama jalan, tempat (alamat)
  • Tanya jawab tentang pengejaan kegiatan sehari – hari berdasarkan gambar
  • Gambar dan nama benda untuk hadiah ulang tahun
  1. Grammar Practice (halaman 8, 9, 10)
  • Penjelasan tentang i am, you are, it is dan latihan
  • Penjelasan tentang pronoun I, you , it dan latihan
  • Penjelasan tentang bentuk jawaban singkat dan latihan
  • Penjelasan tentang kata ganti milik my and your
  1. Developing Oral Skills (halaman 48, 58)
  • Daftar pertanyaan wawancara
  • Rekaman, gambar kegiatan sehari – hari
  • Contoh tanya jawab dalam pair work
  1. Metode pembelajaran : three phase technique
  2. Langkah – langkah kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua:

  1. Kegiatan pendahuluan:

Apersepsi: tanya jawab tentang ulang tahun siswa

                  Tanya jawab nama nama hadiah ulang tahun

Motivasi: menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasai siswa

  1. Kegiatan inti

EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

a.       melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

b.      menyebutkan angka angka dalam bahasa inggris

c.       memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya;

d.      melakukan game tentang nomor telepon dan game who are you

e.       menyebutkan nama alat musik dan nama hadiah ulang tahun

f.    menceritakan kegiatan sehari – hari berdasarkan gambar secara lisan

g.    mendengarkan penjelasan tentang grammar dan mengaplikasikannya

h.   melakukan wawancara secara berpasangan dan merekamnya

i.    melakukan tanya jawab dalam pair work

ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:

a.       membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

b.      memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

c.       memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;

d.      memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

e.       memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

f.       memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok;

g.      memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.

h.      memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

i.   memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

a.       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa;

b.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber;

c.       memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan;

d.      memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

e.       berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;

f.       membantu menyelesaikan masalah;

g.      memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

h.      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan

i.        memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

  1. Kegiatan Penutup
    Dalam kegiatan penutup, guru:
  2. bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
  3. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  4. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  5. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
  6. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  7. Sumber belajar
  • Buku teks yang relevan: kaset / CD
  • Narasumber, Kaset/CD
  • Script or rekaman percakapan
  • Gambar – gambar yang relevan
  1. Penilaian

Indikator dalam pencapaian

Teknik penilaian

Bentuk instrumen

Instrumen/ soal

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

  1. Menyapa yang belum dan sudah dikenal
  2. Memperkenalkan diri sendiri /orang lain
  3. Memerintah / melarang

 

 

 

Unjuk kerja

Unjuk kerja

 

Unjuk kerja

 

 

Tanya jawab

 

Bermain peran

 

Bermain peran

  1. Ask and answer your friend based on the picture
  2. Perform the dialog in front of the class!
  3. Work in pairs
    1. Give instructions
    2. Does the instructions and respond

 

  1. Pedoman penilaian

Jumlah skor maksimal keseluruhan 25

Nilai siswa = skor maksimal x 4

                  10

  1. Rubrik penilaian

Element

Score

pronounciation

5

delivery

10

performance

10

 

  1. Standards of pronounciation

Excellent

5

Very good

4

Good

3

Average

2

Poor

1

  1. Standard of delivery and performance

Excellent

10

Very good

9

Good

8

Average

7

Poor

6

 

Mengetahui                                                                             Solok, juni 2012

Kepala SMP N 2 Kota Solok                                                 Guru Mapel Bahasa Inggris

 

 

 

Drs. AMRI YULIS, MM                                                      HELMI IRAWATI, M.pd

NIP. 196410221990031004                                                               NIP. 1976092420050012007

  1. 4.    Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMPN 5 Kota Padang kelas VII semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                  : SMP Negeri 5 Padang

Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                  : VII/1

Aspek                    : Berbicara

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

 

 

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat,

1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan.

 

2.1     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Tujuan Pembelajaran

 

1.  Dapat memahami pentingnya intonasi, tekanan dan pronunciation yang tepat dalam speaking

2.  Dapat memproduksi intonasi dan pronunciation yang benar

3.  Dapat membaca dialog dengan menggunakan intonasi dan pronunciation yang benar

4.  Dapat menampilkan dialog tadi dengan lancar di depan kelas

Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan dapat:

  1. memahami pentingnya intonasi, tekanan dan pronunciation yang tepat dalam speaking
  2.  memproduksi intonasi dan pronunciation yang benar
  3. membaca dialog dengan menggunakan intonasi dan pronunciation yang benar
  4.  menampilkan dialog tadi dengan lancar di depan kelasswa dapat mendengarkan sebuah dialog untuk mendapatkan informasi dan menjawab pertanyaan.

 

Siswa dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.

  1. A.     Materi Ajar
    1. Ungkapan meminta informasi
      1. What is your name?
      2. Where do you live?
      3. Ungkapan memberi informasi
        1. My name is Taylor
        2. I live at Manhattan Street number 5

Alokasi Waktu      : 5 x 40 menit

Beban Belajar

Waktu

Bentuk Kegiatan/Tugas

TM

80 menit

 

 

 

120 menit

 

 

Untuk memperkaya kosakata yang berhubungan dengan tema dalam kegiatan mendengarkan dapat merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.

Menjawab pertanyaan berdasarkan audio yang diberdengarkan.

Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.

Dalam kegiatan berbicara dapat mengungkapkan ungkapan kesantunan.

PT

 

 

KMTT

 

Diberikan tugas/PR sesuai dengan tema dalam bentuk situasi yang lain.

  1. B.     Metode Pembelajaran/Teknik: Communicative Language Teaching (CLT)

 

  1. C.     Langkah-langkah Kegiatan

 

Kegiatan

Nilai Karakter

Waktu

  1. A.     Pendahuluan

 

2 x 10’

  • Apersepsi
  1. Salam dan tegur sapa.
  2. Guru menunjukkan sebuah video kepada siswa.
  3. Guru menanyakan kepada siswa, “what do you see in the video?”
  4. Siswa diminta menjelaskan apa yang ditemukannya pada gambar.

 

  1. Imtaq.
  2. Kepedulian Sosial.
  3. Kesopanan.

 

  • Motivasi
  1. Guru meminta  salah satu siswa untuk maju kedepan dan memintanya menjelaskan apa yang ditemukannya pada video.
  2. Guru meminta siswa yang lain menjelaskan video.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Percaya diri.
  2. Keaktifan.

 

  1. B.     Inti

 

3 x 55’

  • Eksplorasi
  1. Guru membahas kosakata tentang bertanya dan memberikan informasi.
  2. Guru menanyakan kapan saja orang meminta dan memberikan informasi.
  3. Guru menanyakan kapan digunakan kata “which way to post office”.

 

  1. Kerja sama.
  2. Rasa ingin tahu.

 

  • Elaborasi
  1. Guru memberdengarkan audio pada siswa.
  2. Siswa diminta menjawab pertanyaan dan melengkapi teks rumpang.
  3. Guru dan siswa mendiskusikan materi asking for and giving for information.
  4. Guru memberikan dialog rumpang.
  5. Siswa mengerjakan tugas berpasangan.
  6. Siswa melengkapi dialog sambil mendengarkan audio.
  7. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban bersama.

 

  1. Kerjasama.
  2. Jujur.
  3. Saling menghargai.
  4. Kreatif

 

  • Konfirmasi
  1. Siswa mengucapkan ungkapan bertanya dan memberi informasi.
  2. Siswa merespon terhadap apa yang diucapkan guru.
  3. Guru memeriksa hasil kerja siswa.

 

  1. Keberanian.
  2. Kreativitas.
  3. Komunikaatif.
  4. Kerjasama.
  5. Sosial.

 

 

  1. C.     Penutup

 

2 x 15’

  • Kesimpulan

Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran.

 

  1. Kerjasama.
  2. Komunikatif.

 

  • Refleksi

Guru memberikan post test.

 

 

  • Tindak lanjut

Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.

 

 

 

  1. D.     Alat dan Sumber Belajar

Buku paket modul, buku Smart Steps, LKS bahasa Inggris, kamus, powerpoint, infocus, dan alat-alat tulis.

  1. E.     Penilaian

 

No.

Soal

Kunci

Bobot

Skor

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

  1. How many people are there in the conversation?
  2. What happen to the woman in the conversation?
  3. What is the woman looking for?
  4. Does the mn know bout the place?
  5. Is that place far?
  6. What did the woman say to ask about direction?
  7. Where does the woman have to go first?
  8. How many blocks that woman must be passed?
  9. Does the woman understand about the information from the man?
  10. Where is the state house? Is it on the right or on the left?

 

 

  1. What was the man looking for?
    1. Police station
    2. Library
    3. Hotel
    4. market
    5. after go down the street, where must the man go next?
      1. Turn right
      2. Turn left
      3. Across the road
      4. Go straight
      5. Where is the location of the police station?
        1. Before supermarket
        2. Infront of supermarket
        3. Before laundry mark
        4. After laundry mark

 

Man: do you know where the nearest (1) … is?

Woman: yes, walk down that street and take the turn (2) … , then walk pass the (3) …and the supermarket. It would be on your (4) … it is next to (5)

 

  1. 2 people
  2. She is lost
  3. The Capitol
  4. Yes, he does
    1. I’m looking for the capitol, is it far?
    2. Not far at all
    3. Go along Beakin street
    4. 2 blocks
    5. Yes, she does
    6. On the left.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. A
  2. A
  3. C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Police station
  2. Right
  3. Bank
  4. Right
  5. laundrymate

 

 

Mengetahui                                                                             Padang , september 2012

Kepala SMP N 5 Kota Padang                                              Guru Mapel Bahasa Inggris

 

 

HASLINDA. S.PD. MM                                                      HJ. ROSRIANA. S.PD

NIP. 19600509198302 2 003                                                NIP. 1971106 199103 2 008 

 

 

Tabel Perbandingan Kedua Rpp dari SMP N 2 Kota Solok dan SMP N 5 Kota Padang

Kelas VII / 1

No

Komponen yang dibandingkan

SMPN 2 Kota Solok

SMPN 5 Kota PAdang

1

Identitas

ü  Pada RPP ini tertulis lengkap semua identitas yang harus di buat seperti: nama sekolah, mata pelajaran, kelas/ semester, SK,KD, jenis teks, tema, aspek or skills, dan alokasi waktu. Jadi

ü  Adanya perbedaan alokasi pada satu materi. Alokasi waktu tergantung dari kemampuan dasar siswa

ü  Identitas yang ada dalam RPP ini cukup lengkap tetapi mungkin lebih baik lagi didalam identitasnya juga disebutkan tema dan jenis teks yang akan dipelajari anak. Dengan ditentukannya tema maka materi yang akan kita ajarkan tidak mengambang karna telah ada temanya. Seperti , family, school or etc

ü  Selain itu, mungkin alokasi waktu di masukkan didalam identitas bukan pada materi ajar.

2

Tujuan pembelajaran

Kalau pada RPP ini tujuan dari pembelajaran yang harus dicapai siswa adalah siswa harus mampu mengaplikasikan, menyebutkan, dan bisa berkomunikasi secara aktif tentang pelajaran yang dia pelajari

Sedangkan pada RPP ini yang merupakan tujuan akhir dari pembelajarannya adalah pronounciation siswa. Siswa harus mampu memahami dan memproduksi intonasi, tekanan dan pengucapan or pronounciation yang benar  ketika berbicara atau melakukan dialog

3

Materi pembelajaran

Materi pelajaran yang ada pada RPP ini cukup bagus karna selain mengembangkan kemampuan berbicara, dalam materinya juga tercakup pengembangan vocabulary , grammar dan anak juga diberi kesemptan untuk mempraktekkan kemampuannya secara komunikatif

Materi yang akan dipelajari anak terlalu sedikit dan yang menjadi materinya pun terlalu mudah cuma introduce your self. Mungkin lebih baik ditambah lagi sehingga kegiatan belajar menjadi lebih bermutu, attraktif sehingga bisa mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas anak. Selain itu juga akan menggali rasa ingin tahu anak tentang materi yang mereka pelajari. Mereka tidak hanya monoton.

4

Metode pembelajaran

Pada  RPP ini menggunakan strategi three phase technique (pre, whilts, post). Mungkin lebih baik bagi guru tersebut untuk mengubah metode nya karna technique three phase (pre, whilts, post ) itu sudah lama dan mungkin tidak terlalu cocok. Akan lebih baik memakai teknik CLT karna itu lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa. Dengan menggunakan teknik ini diharapkan siswa mampu lebih komunikatif dalam pembelajaran dan ketika menerapkannya.

Metode atau strategi yang dipilih

Sudah cukup baik

5

Langkah langkah kegiatan

Pada kegiatan inti ada 3 step

Eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

Mungkin lebih baik game yang ada pada step EKSPLORASI dipindahkan pada kegiatan penutup. Selain itu, mungkin juga lebih baik jika kegiatan dalam eksplorasi dikurangi karna terlalu banyak kegiatan sehingga bisa membuat anak menjadi jenuh dan bosan terlalu banyak tugas dan kegiatan

Kegiatan pembelajarannya sudah bagus.

6

Sumber belajar

Sebaiknya di berikan tambahan media seperti menggunakan infocus or power point ketika belajar sehingga anak menjadi lebih bersemangat dan tidak membuat mereka bosan. Selain itu juga sumber belajarnya kalu bisa diperkaya dengan video agar lebih menarik bagi siswa

Sumber dan alat yang digunakan dalam  belajar sudah baik tapi kalu masih bisa ditambah lagi dengan memberikan potongan potongan video yang authentic yang memakai atau menggunakan ekspresi yang sedang mereka pelajari.

7

Penilaian

ü  Instrumen yang akan digunakan dalam penilaian mungkin lebih di variasikan lagi. Jangan hanya role play and interview saja.

 

ü  Tetapi pedoman penilaian yang dibuat bagus sekali sehingga dalam melakukan penilaian kita bisa mempedomani rubrik tersebut.

Mungkin lebih baik instrumen soal nya di perbanya lagi karna tujuan dari pembelajaran ini anak bisa memahami pentingnya intonasi , dan pronounciation yang benar. Jadi, mungkin dalam penilaiannya lebih banyak dilakukan dalam bentuk praktek dialog.

 

Selain itu juga perlu ditambahkan pedoman dan rubrik penilaiannya.

 

KESIMPULAN

Kedua RPP yang dibandingkan diatas lebih baik di perbaiki untuk RPP berikutnya untuk melengkapi kekurangan – kekurangan, agar dalam proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                         

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s