Makalah PenjasKes

Tugas

Pendidikan Jasmani/Kesehatan

“Kejar Bola Kertas”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis ucapkan atas segala rahmat dan hidayah Allah SWT, sehingga tugas ini dapat diselesaikan dengan baik. Tugas ini membahas tentang sebuah permainan kecil yang telah dikembangkan sesuai dengan kreatifitas penulis dengan mengkombinasikan beberapa kegiatan dalam mata kuliah Pendidikan Jasmani/kesehatan.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pembimbing sekaligus dosen mata kuliah Pendidikan Jasmani/kesehatan. Kemudian, kepada seluruh yang terkait dalam penulisan tugas ini.

Akhirnya, penulis menyadari bahwa tugas ini masih terdapat banyak kesalahan, baik dalam penulisan maupun isi, untuk itu penulis sangat mengharapakan kritik dan saran dari pembaca. Penulis mengharapkan tugas ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Padang, 1 November 2012

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Kata pengantar            …………………………………………………………………… 1

Daftar isi         ……………………………………………………………………………..2

Pendahuluan   ….…………………………………………………………………………3

Latar belakang                        …………………………………………………………….3

Fokus masalah             …………………………………………………………….3

Rumusan masalah       .……………………………………………………………3

Tujuan penelitian         .……………………………………………………………4

Pembahasan    ……………………………………………………………………………..6

Penutup           ..…………………………………………………………………………..8

Kesimpulan         …………………………………………………………………8

Saran          ……………………………………………………………………….8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.   Latar Belakang

Saat ini banyak anak-anak yang sudah tidak memainkan lagi permainan – permainan daerah seperti Lintang Alihan, Gobak Sodor, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak industri, pabrik dan lainnya yang memproduksi banyak mainan seperti mobil-mobilan, boneka bergerak, robot, dan lain-lain bahkan anak-anak sekarang sudah lebih canggih dalam memainkan teknologi yang seharusnya hanya bias dimainkan dan digunakan oleh orang dewasa, seperti iPad, iPhone, Blackberry, Android,  dan lain-lain. Sehingga anak-anak tidak lagi memainkan permainan kecil yang bias memberikan manfaat kesehatan dan maksa kerja sama. Akibatnya permainan-permainan kecil semakin lama semakin dilupakan. Jika dibiarkan terus menerus permainan kecil akan punah.

Keadaan seseorang baik secara fisik maupun mental belum sempurna. Dan kesempatan untuk melatih potensi-potensi ialah pada waktu bermain. Karena bermain merupakan naluri atau dorongan daru dalam, ini harus diusahakan secara baik dan terkontrol.  Bermain merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.Oleh karena itu, kami mencoba mengkombinasikan permainan kecil dengan ide permainan yang kami rancang menjadi permainan yang baru dan menarik.

 

  1. B.     Fokus Masalah

Fokus masalah makalah ini  adalah permainan-permainan kecil yang bermanfaat terhadap kesehatan tubuh manusia.

  1. 1.      Rumusan Masalah

Berdasarkan fokus masalah di atas, penulis melihat ada beberapa masalah yang dapat dirumuskan sebagai masalah penelitian, yaitu:

  1. “Apakah permainan-permainan kecil itu?”
  2. “Bagaimanakah cara permainannya?”

 

 

 

  1. 2.      Tujuan Penilitian

Setelah mempelajari permainan, berarti kita dapat memahami konsep -konsep bermain, mampu memanfaatkan situasi untuk kepentingan pendidikan dengan kata lain diterapkan bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain.

Sesuai dengan rumusan masalah diatas maka makalah ini bertujuan untuk menjelaskan apa-apa saja permainan kecil yang bermanfaat terhadap tubuh manusia. Selain itu makalah ini di buat untuk memenuhi tugas oendidikan jasmani dan kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

Kejar Bola Kertas adalah sebuah permaian yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan kurang lebih tujuh orang. Satu orang berperan sebagai induk dan enam orang lainnya sebagai anak. Permainan ini menggunakan dua bola kertas ( satu tim satu bola kertas ) yang digunakan sebagai senjata untuk menyerang benteng dan anak paling belakang dari tim lawan. Induk sangat berperan penting dalam permainan ini, karena induk bertugas untuk melakukan serangan, melindungi anak-anaknya dari serangan lawan dan mempertahankan benteng. Tim dikatakan menang jika tim lawan tidak punya anak atau anggota lagi.

Dalam Kejar Bola Kertas kekompakan,kecepatan dan ketepatan dalam melakukan serangkaian permainan sangat dibutuhkan untuk menjadi pemenang.

 

1. Nama Permainan

Kejar Bola Kertas

 

2. Bahan dan perlengkapan

Bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan :

a) Bola kertas ( 2 buah )

 

3. Tujuan dan Manfaat

Adapun tujuan dan Manfaat  dari permainan ini adalah:

1. Untuk melatih kecepatan dan kelincahan

2. Menciptakan kekompakan

3. Melatih kerja sama dalam hal menyelesaikan masalah

4. Melatih akurasi lemparan

5. Melatih reflex tubuh.

 

4. Tata cara permainan

Tata cara permainan permainan ini adalah:

1) (Ganti bola kasti menjadi bola kertas, tujuannya agar saat melempar lawan, tidak terjadi cidera) Dibagi menjadi dua kelompok. Masing – masing kelompok terdiri dari satu induk dan enam anak. Masing – masing kelompok membentuk barisan seperti kereta yang tidak boleh putus, baik saat diam maupun saat permainan berlangsung, yaitu saat berlari-lari menghindari bola.

 

2) Induk(berada di barisan paling depan) bertugas melindungi anak – anaknya dari serangan lawan sehingga induk harus selalu membawa anak – anaknya kemanapun induknya pergi. Tapi tetap saja, kereta tidak boleh putus atau kelompok akan didiskualifikasi

 

3) Ketika peluit berbunyi menandakan permainan telah dimulai.

 

4) Induk saling melempar jeruk dengan sasaran botol di dalam benteng dan anak paling belakang dari lawan. Saat melempar bol pemain saling berkejaran dan tidak boleh melempar lawan yang telah berada di dalam benteng dan waktu pelemparan bola bebas.

 

5) Kelompok yang terkena lemparan lawan harus menyerahkan satu anak untuk dipenjarakan oleh lawan dan menyerahkan anak paling belakang untuk dipenjarakan jika anak paling belakang terkena bola.

 

6) Anak tahanan A dinyatakan bebas jika lawan berhasil menyentuh sang anak belakang si B (Dalam hal ini, boleh keluar dari wilayah yang dimiliki ).

 

7) Kelompok yang berhasil memenjarakan semua lawannya dinyatakan sebagai

pemenang.

 

5. Peraturan permainan

Peraturan permainan Kejar Bola Kertas ini adalah:

1) Yang bertugas melempar bola adalah induk, saat pelemparan pemain mengejar lawannya dan harus keluar dari garis atau benteng dan waktu pelemparan bebas.

2) Sasaran bola adalah benteng dan pemain paling belakang.

3) Tiap anggota (anak) tidak boleh memisahkan diri dari induknya, kecuali induk yang beralih menjadi anak paling belakang.

4) Apabila bola  mengenai anak paling belakang dari lawan, maka berhak mendapatkan anak paling belakang tersebut untuk dipenjarakan.

5) Pembebasan anak dinyatakan sah jika anak dijemput oleh induknya.

6) Kelompok yang berhasil memenjarakan seemua anggota kelompok lawan

dinyatakan sebagai pemenang.

 

6. Aspek yang terkandung dalam permainan

Aspek yang terkandung dalam permainan adalah:

  1. Aspek kognitif

Pemain berusaha berpikir bagaimana cara untuk melempar bola kepada benteng dan anak belakang, serta mengejar lawan.

  1. Aspek motoric

Pemain menggerakkan kaki dan tangan, bahkan motoric lainnya untuk bergerak dan saling berfungsi.

  1. Aspek efektif

Pemain harus memupuk, mendidik kerja sama dan kekompakkan timnya.

 

 

BAB II

PENUTUP

  1. a.      Kesimpulan

Kejar Bola Kertas diciptakan dengan mengkombinasikan permainan kecil dengan ide permainan yang saya rancang sehingga menjadi permainan yang baru dan menarik. Manfaat dari permainan ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk melatih kecepatan dan kelincahan.

2. Menciptakan kekompakan.

3. Melatih kerja sama dalam hal menyelesaikan masalah.

4. Melatih akurasi lemparan

5. Melatih reflex tubuh.

 

b. Saran

Pembaca diharapkan lebih bisa mengembangan permainan kecil ini menurut kreatifitas masing-masing.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s